THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 31 Mei 2010

Artikel ke 2 Masalah Sosial Rizky Faizal Kelas 2 G S1 PGSD (0901045368)

Faktor-faktor Terjadinya Banjir Pada Lingkungan Sekitar

Banjir adalah suatu bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dengan cara merusak lingkungan alam sekitar. Bukan hanya itu sekarang banjir sudah menjadi bencana langganan bagi warga kota-kota besar khususnya DKI Jakarta terlebih warga di antaran kali. Bukan hanya menimpa warga yang tinggal di bantaran kali namun banyak jalan protokol ibukota yang tergenang air apabila hujan mengguyur kota Jakarta. Itu semua karena kurangnya perhatian seluruh warga masyarakat akan kurangnya kesadaran menjaga kebesihan lingkungan. Terlebih sekarang ini kurangnya lahan hijau sebagi daerah resapan air apabila hujan datang. Selain lahan hijau yang kurang banyak penyimpangan lahan yang disalahgunakan menjadi tempat tinggal sebagai contoh bantaran kali yang menjadi tenpat tinggal sehingga membuat saluran air yang semakin sempit dan tidak dapat menampung air yang turun pada musim penghujan. Selain itu semua masih ada hal penting lagi yakni sikap masa bodoh warga sekitar tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya karena dapt mengakibatkan saluran air yang tersumbat karena menumpuknya samaph yang berujung pada saluran air yang tidak mengalir dengan lancar dan berujung pada musibah banjir.

Pendapat saya dalam hal ini

Dalam hal masalah sampah kita sebagai warga masyarakat tidak bisa menyalahkan apa atu siapa yang menjadi penyebabnya. Yang paling terpenting adalah kembali ke pribadi masing-masing tentang bagaimana mengamalkan arti kebersihan pada diri masing-masing pribadi. tentang penumpukan sampah yang dikarenakan sarana yang kurang dalam hal penampungan sampah selain itu pula kurangnya petugas kebersihan akibat honor yang terlalu kecil dalam hal kebersihan yang menyangkut masalah sampah.

Dalam hal kurangnya lahan hijau dan panyalahgunaan lahan tempat tinggal adalah seharusnya pemerintah memperhatikan dan memperketat izin pembukaan bangunan sebagai tempat usaha karena berkurangnya lahan hijau dapat mengakibatkan kurangnya daerah resapan air yang menampung air hujan pada saat musim hujan tiba. Pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan para warga masyarakat miskin yang tidak mampu dalam hal tempat tinggal yang layak untuk mereka menjalankan aktivitas. Sehingga mereka tidak menyalah gunakan lahan yang bukan seharusnya menjadi tempat tinggal mereka.

0 komentar: