THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 31 Mei 2010

Artikel ke 2 Rini Sidqiyah Kelas 2 G S1 PGSD

Menurut Soerjono Soekarno

Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan/masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. jika terjadi bentrokan anatara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok / masyarakat.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada dapat menjadi sumber masalah sosial yatu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyakarat dan lain-lain

masalah sosial dikategorikan 4 faktor :
1. faktor ekonomi : kemiskinan, pengangguran, dll
2. faktor budaya : perceraian, kenakaln remaja, dll
3. faktor biologis : penyakit menular, keracunan makanan, dsb
4. faktor biologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dll

Menurut pendapat saya masalah sosial yang banyak terjadi di lingkungan kita semua adalah penganggguran. Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja sama sekali / orang yang sedang mencari pekerjaan yang layak buat dirinya sendiri. Pengangguran juga disebabkan karena jumlah orang yang sedang mencari pekerjan tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Pengangguran dapat menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, pendapatan masyarakat akan berkurang sehhingga dapat menyebabkan imbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya . Pengangguran juga dapat membuat manusia untuk melakukan perbuata-perbuatan kriminaal supaya bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. dan sebagai pemerintah juga harus memikirkan nasib rakyatnya yang banyak menjadi pengangguran . Pemerintah juga harus menciptakan lapangan kerja yang luas suoaya dapat mengurangi pengangguran. dan kita sebagai generasi muda harus mempunyai wawasan yang luas dan berkreatif supaya tidak menjadi pengangguran.

0 komentar: