THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 31 Mei 2010

Masalah Sosial Budaya artikel 2 [ septya paramita ]

MASALAH SOSIAL BUDAYA YANG ADA DI MASYARAKAT SEKARANG

Sekarang masalah social budaya banyak terjadi di sekitar kita,masalah social disebabkan oleh tingkah laku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.mungkin mereka hanya memandang social budaya hanya hal yang sepele dan juga kurang penting.

Masalah social budaya juga timbul karena perbuatan atau kenakalan remaja, Remaja adalah sesosok manusia yang menjadi harapan besar generasi di masa depan. Harapan besar para orang tua, negara bahkan agama. Zaman terus berubah seiring perjalanan waktu yang lambat laun tapi pasti akan menuju ke titik akhir kehidupan. Seiiring berputarnya waktu, budaya dan kebiasaan manusia pun berubah yang diikuti dengan perubahan Perilaku generasinya.

Kata orang tua kita, di zaman mereka masih remaja, kejadian mengherankan ketika ada sepasang muda-mudi sedang berduaan suatu tempat, bahkan hal ini ada yang menganggapnya tabu di suatu tempat di wilayah indonesia.

Remaja memang sekarang dominan kalau berpacaran selalu di tempat yang sepi-sepi,dan juga muda-mudi tidak mempunyai rasa malu-malu lagi untuk menunjukan kalau mereka sedang berpacaran,hal ini sudah tidak aneh lagi bagi mereka.

Kebebasan dan kenakalan remaja banyak berakibat negative,seperti pergaulan bebas yang mengakibatkan free sex,obat-obatan terlarang dan mengunakan narkotika.pergaulan bebas juga mengakibatkan pemerkosaan,pembunuhan,perampokan.

Ketika remaja susah di nasehati, Hal ini terjadi karena Mayoritas kita terlalu terbuka akan budaya-budaya asing dan lemahnya kontrol pemerintah dan para orang tua terhadap budaya asing ini, bahkan malahan ada sebagian orang tua membiarkan anaknya untuk mengikutinya. Maka menjadi trenlah budaya-budaya luar itu, pacaran menjadi hal yang lumrah. Norma Agama dan etika mulai pudar. Akibatnya, bertebaranlah penyelewengan bahkan penyakit kelamin.

Masalah social budaya tidak hanya ditimbulkan karena kenakalan remaja saja tetapi banyak para pejabat-pejabat yang menimbulkan masalah social budaya seperti melakukan tindak korupsi yang merajalela sekarang. Diakui atau tidak korupsi sudah membudaya atau dengan kata lain menjadi budaya di tengah kehidupan bangsa Indonesia atau secara spesifik di dunia politik dan birokrasi di Indonesia dan yang berkaitan dengannya.

Korupsi sebagai faktor penghambat pembangunan dan kemajuan bangsa,tindak korupsi sangat tidak baik dan mencerminkankan sikap serakah yang dilakukannya dengan cara yang sangat salah. seorang koruptor akan sangat memungkinkan untuk menurunkan keturunan yang juga menjadi koruptor nantinya.

Bagaimana suatu kebiasaan yang pada awalnya berasal dari ruang lingkup kecil perorangan bisa menjadi suatu kebiasaan dan budaya yang melibatkan orang banyak. Dari hanya seorang koruptor kemudian bisa menularkan sifat buruknya sampai ke tingkat bagian, biro, departemen, sampai institusi Negara.

Kedua masalah social ini sangat tidak baik dan akan merugikan bila tidak di tanggulangi,pemerintah dan para ahli seharusnya lebih keras dan maxsimal lagi dalam menyelesaikan masalah seperti kenakalan remaja dan korupsi.jadikanlah Negara indonesia Negara yang bersih dari tindak korupsi dan kenakalan remaja yang mengakibatkan pergaulan bebas.

0 komentar: