THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 31 Mei 2010

PERILAKU MENYIMPANG " SITI ANISYA"

Kekerasan banyak dijumpai di ruang public ( di jalan raya, perumahan, kampus, dan tempat kerja ) maupun ruang privat ( dikeluarga atau dalam rumah ). Ketakwajaran yang belum lagi lumrah adalah kekerasan ini dilakukan oleh perempuan dan pada saat usia pelaku baru menginjak remaja. Perempuan merupakan sosok yang identik dengan feminine. Tentang kepribadian feminine, Lips (2005) memaparkan ciri – cirinya yakni penuh kasih saying, simpatik, jentel, sensitif, pengasuh, sentimental, mampu berhubungan social dan kooperatif. Berbeda dengan cirri kepribadian Maskulin yang kompetitif, dominan, petualang, berani, agresif, dan resisten terhadap tekanan. Namun, kekerasan yang dilakukan oleh remaja putrid lebih cenderung menunjukkan pribadi maskulin daripada feminine. Dalam hal ini, perilaku yang menunjukkan tersebut disamping tidak wajar secara perilaku juga tidak normal jika ditilik dari sudut pandang pelaku.

Perilaku remaja yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat biasa disebut perilaku menyimpang. Disamping kekerasan seperti yang dilakukan remaja putrid diatas, ada perilaku menyimpang yang dilakukan remaja dan makin mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku tersebut antara lain penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang ( narkoba), perilaku seksual sebelum menikah, premanisme dikalangan pelajar dsb.

Masa remaja adalah usia yang niscaya dilewati oleh setiap setiap orang dewasa. Masa ini akan menguji setiap orang bahwa tidak selamanya hidup dilewati dengan perjalanan yang mulus dan lurus.

Teknologi tempat untuk mendapatkan informasi bisa juga menyebabkan perilaku menyimpang seperti :

Bisa dipastikan, hampir semua remaja dikota sudah familier dengan handphone, bahkan bisa berganti-ganti model sesuai tren terbaru. Padahal handphone ada gunanya untuk mempermudah berkomunikasi tetapi disalahgunakan seperti dipake pada saat proses belajar mengajar berlangsung.Internet sudah bisa diakses sampai ke pelosok, dimana saja dan kapan saja.internet menyediakan beragam informasi dan pengetahuan sesuai kebutuhan penggunanya hanya dengan satu dua kali menekan tuts keyboard. Tetapi tetap disalhgunakan seperti : facebookan aturan gunanya untuk memudahkan teman-teman yang sudah lama nggak ketemu ini digunakan untuk kenalan dengan cowo dan ketumuan akhirnya da yang diculik dan diperkosa dan menyalahkan teknologi.

Jadi sebenarnya teknologi tidak ada yang salah atau menyebabkan perilaku menyimpang malah membantu manusia dalam mendapatkan informasi tetapi gimana manusia nya dapat menggunakkannya dengan baik(benar) atau tidak.

Menurut Robet MZ Lawang

perilaku menyimpang adalah semua tindakkan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu system social.

0 komentar: