THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 31 Mei 2010

MUTU PENDIDIKAN INDONESIA TIDAK MERATA (by : SAEFUL ANWAR)

Menurut pakar pendidikan Profesor Conny Semiawan Kondisi pendidikan di seluruh Indonesia memperlihatkan profil yang sangat tidak sama. Ada yang bagus. Ada yang tidak begitu bagus, tapi masih memenuhi. Dan ada yang jelek sekali.

Bahkan banyak sekolah-sekolah yang gedungnya masih bobrok. Apalagi guru-guru yang belum memenuhi kualitas yang diharapkan. Dan atau sekolah-sekolah yang tidak mempunyai guru. Itu ada juga. Kalau Anda pernah melihat siaran dari Metro, di mana bisa dilihat seorang penjaga sekolah di Papua, menjadi guru. Dia sendiri belum lulus SD. Tapi mengajar anak-anak Papua. Itu diajar oleh penjaga sekolah itu. Dia sangat prihatin terhadap kondisi anak-anak itu yang tidak memperoleh pendidikan. Jadi dengan segala terbatasannya, dia yang mengajar menulis, membaca, berhitung dengan caranya sendiri. Karena dia sendiri tidak lulus SD.

Ini satu gambaran dari kualitas pendidikan yang tidak merata. Artinya, sekolah-sekolah itu harus ditunjang sedemikian, yang kualitasnya belum baik. Sehingga kualitas membaik itu bersifat merata. Ini terkait dengan aspek keadilan dalam pendidikan. Kesempatan yang sama.

0 komentar: