THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 31 Mei 2010

Pengertian Masalah Sosial Dalam Masyarakat (Rizka Hairunisa)

Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.


Cemburu Sosial

Manusia tidak dapat hidup sendiri di dunia ini, oleh karena itu manusia disebut sebagai makhluk sosial walaupun terkadang memang ada beberapa saat atau hal yang harus dilakukan manusia secara imdividual tetapi pada dasarnya dalam satu kehidupan atau bermasyarakat seseorang pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain. sebab, mustahil dalam semasa hidupnya seseorang tidak pernah meminta bantuan dari orang lain namun kenyataannya ada beberapa permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat. seperti rasa iri, dengki, benci, saling berprasangka, cemburu sosial dll yang semua itu merupakan penyakit hati yang dimiliki oleh setiap manusia.

Misalnya cemburu sosial. cemburu sosial tidak hanya terjadi dalam satu lingkup keluarga ,dalam berteman, atau dalam berpacaran. dalam berteman atau berpacaran rasa cemburu yang timbul dikarenakan kurangnya komunikasi, mulai pudarnya rasa perhatian, berkurangnya waktu untuk bersama, atau takut kehilangan sosok seorang teman karena ia memiliki teman-teman yang baru. tapi ada yang lebih serius, yaitu dalam kehidupan bermasyarakat. cemburu sosial adalah sebua perasaan dalam hati tentang keraguan dan ketidak senangan terhadap sesuatu tanpa alasan yang jelas.


0 komentar: